Senin, 05 Oktober 2015

[SPOILER] setelah nonton movie AO HARU RIDE dan STROBE EDGE live action

Karna udah nonton strobe edge live acton dan ao haru ride live action jadinya pengen cuap cuap review nih film. Strobe edge dan ao haru ride sama sama manga yang dikarang oleh sakisaka io dan dibikinin ive action diwaktu yang hampir bersamaan (berdekatan gitu jadwal rilisnya). Jika SE ada 30an chapter dalam 10 tankobon manga, maka AHR ada sekitar 40an chapter (agak panjangan dikit). Mana yang lebih bagus ceritanya itu kembali lagi ke pembaca, yang jelas tiap ceritanya pasti ada kelebihan dan kekurangannya masing masing.

Kalau dari segi cerita mana yang duluan di bikin sakisaka sensei maka adalah Strobe edge yang dimulai 2007 silam dan 2011 chapter awal Ao haru ride dirilis. Tapi movie mana yang duluan dibikin itu adalah Ao haru ride. Baiklah kita mulai dengan AHR aja karna saya udah baca manga, nonton anime dan nonton movie nya lebih dulu sebelum strobe edge.
Saat saya lihat cast buat ao haru ride memang saya ga familiar secara saya penonton anime, bukan drama atau film jepang. Tapi tentunya ada kesan pertama : pemainnya kok tuaan gini terkhusus yang meranin Mabuchi Kou. Berikut cast live action dan juga seiyuu dari anime AHR
dari atas ke bawah futaba, kou, touma

-          Yoshioka Futaba          : Honda Tsubasa               : Uchida Maaya (takanashi rikka : chuunibyou)
-          Mabuchi Kou                 : Higashide Masahiro      : Kaji Yuki (eren : shingeki no kyoujin)
-          Kikuchi Touma              : Chiba Yudai                   : Matsuoka Yoshitsugu (kirito : SAO)
-          Murao Shuko                 : Yua Shinkawa                : Komatsu Mikako (Tsugumi seisiro : nisekoi)
-          Kominato Aya               : Ryo Yoshizawa              : KEEN (kanbara Akihito : kyoukai no Kanata)
-          Makita Yuri                     : Izumi Fujimoto             : Kayano Ai (honma meiko : anohana)
-          Narumi Yui                     : Takahara Mitsuki           : -
-          Tanaka Yoichi                 : Koyanagi Yu                  : Hirakawa Daisuke
Kecuali hirakawa-san seiyuu yang lain udah kepalang tenar dan familiar, untuk anime romance yang ceritanya Cuma 25% ini seiyuu nya udah megah begini.
Futaba lebih tepat digambaran sebagai cewek SMA yang ga memperhatikan penampilan daripada dibilang tomboy, dia juga ceria. Sikap berantakannya sengaja dibuatnya agar dia bisa memiiki teman di masa SMA nya. Karna waktu SMP parasnya yang cantik dan sikapnya yang feminism membuatnya dijauhin cewek cewek disekolahnya, maka dia memutuskan untuk merubah imange feminimnya, terbukti dia berhasil berteman tapi itu membuatnya menjadi bukan dirinya sendiri.
Kou digambarkan sebagai cowok melankolis yang lumayan keren dan cerdas (ga ada scene yang menampakkan kalau kou adalah cowok yang dielu elukan cewek2 di sekolahnya), perawakan teduh, sepertinya bersikap tenang tetapi saya tertipu karna kou juga tipe ceria (baca manganya dibagian akhir cerita). Apa yang saya tangkap dari kou bahwa dia cowo yang cengeng (kayak arima kousei).
Touma adalah anak band, megang bass dan back vocal. Touma adalah cowok yang ceria juga, daripada dibilang keren, touma lebih ke arah cowok yang manis, bukan parasnya tapi gimana dia memperlakukan futaba.
Narumi cewek yang cengeng, mirip kou, tapi lebih parah lagi. Dia malah melibatkan kou dalam suasana suramnya dan seakan ga mau melepaskan kou dari penderitaan yang dirasakannya. Dia orangnya lumayan licik, memanfaatkan suasana hatinya untuk membuat kou memperhatikannya.
Yah, 4 karakter itu aja yang saya jelaskan dan saya akan masuk synopsis. Futaba waktu SMP memiliki perasaan kepada seorang cowok bernama kou, mereka sring berinterasi walau beda kelas. Suatu saat di awal liburan musim panas kou memberanikan diri untuk mengajak futaba ke festival kembang api. Tapi kou malah ga datang dan ingkar janji, futaba berpikir kalau dia yang salah karna secara ga sengaja kou mendengar futaba bilang kalau dia ga suka sama cowok (kou kan cowok). Futaba berniat menjelaskan ke kou soal itu tapi kou ga pernah masuk lagi ke sekolah. 3 tahun berlalu dan Futaba menjadi gadis SMA, disaat itu dia bertemu kembali dengan kou. Tapi kou yang dulu sudah berbeda dengan yang sekarang. Walau awalnya futaba bilang udah ga ada rasa lagi sama kou tapi hubungan mereka bersemi lagi seiring berjalan waktu, apalagi setelah naik kelas 2, kou sekelas dengan futaba. Saat kou sibuk bermuram durja mengingat kematian ibunya dan berempati kepada narumi soal keretakan keluarga si narumi, cowok lain hadir dalam kehidupan futaba, dia touma.
Begitulah sinopsisnya. Secara garis besar ini ga klise mulu’ soal cewek biasa jatuh cinta sama pangeran ganteng, tapi sepasang anak muda yang CLBK. Mari lihat pengkarakteran mereka dia anime dan movie.
Futaba digambarkan dengan baik dalam animenya pun dalam movienya. Karakternya terkeluarkan dan terekspos secara pas. Karakter Kou juga bisa diperankan dengan pas sebagai cowok berperawakan tenang yang cengeng (cengeng bukan berarti penangis ya, lebih ke “larut dalam kesedihan”). Hanya saja kedua karakter ini tampak tua di movie nya, secara acting udah mantap. Touma kalau dianime tampilnya dikit banget, padahal seiyuunya udah papan atas gitu, kalau di movie juga minim. Acting touma dan yang memerankan touma udah pas, yang kurang hanya jatah tampilnya aja,hehe. Soal narumi dan sisa pemain lainnya no comment.
Memang bukan pekerjaan yang ringan untuk mempress 40an chapter kedalam movie durasi 2 jam. Cerita di movie nya jadi padat dan moment moment indah banyak kepotong dan tentunya supporting character jadi terkesampingkan. Terutama moment touma dan futaba. Touma serius cowok yang sweet banget. Gimana dia kokuhaku ke futaba dan moment kebersamaan mereka saat mulai pacaran sukses dipangkas oleh pihak produksi. Saya masih merasa futaba dan touma itu cocok banget secara mereka sama sama periang (periang disini bukan gokil,ya). Adegan dimana kou ingin merebut futaba dari touma juga ga kalah bagusnya. Kou ga mau menyerah walau futaba berulang kali mempertegas hubungannya dengan touma ke kou. Jadinya dimovie kou sukses jadi karakter cengeng aja, ga dilihatin bagaimana dia cukup jantan untuk menyerang futaba agar kembali padanya. Daripada konflik cengeng nya kou saya lebih menikmati konflik batin nya futaba yang mulai goyah kesetiannya terhadap touma karna ulah kou. Sayangnya konflik macam itu ga ada di movie nya. Satu lagi yang ga ditampilkan di movie tapi merupakan adegan yang bagus. Ternyata kou adalah karakter yang romantic dan ceria. Setelah melihat kou yang kayak gitu saya jadi bisa merelakan futaba dengan kou.
Gimana kalau anime? Ga bisa bicara banyak karna adegan yang di press juga ga banyak. Ada 12 episode + 1 ova, hubungan semua character masih ga jelas, bahkan belum setengah dari cerita manga yang diekspos. Tapi setidaknya anime ini udah dapat memperdalam pengkarakteran tokohnya. Ga kayak movie supporting chara nya ga terlalu di ekspos. Pembuatan anime kayaknya Cuma buat menaikkan penjualan tankobon manga nya aja, karna udah jelas ga akan ada season 2.
Menurut saya pribadi, butuh baca manga buat masuk kedalam cerita movie nya biar cerita ini lebih terasa menariknya. Saya merasa hambar menonton ini kalau saja saya ga baca manga. Tapi apresiasi dari saya pada pihak produksi karna :
-          Penggambaran character utama nya bagus walau ada yang tertinggal
-          Acting cast utama nya ga kaku, lebih natural
-          Walau ceritanya dipress besar besaran tetap aja setengah dari movie ini membuat saya berdecak kagum (setengah aja, saat kou masuk ke mode cengengnya, saya mulai boring).
-          Adegan masa lalu masa masa SMP yang so sweet juga ditampilin menarik
-          Nuansa movie nya bagus
futaba dan touma
ada yang cemburu
pernyataan siap untuk merebut pacar orang lain, berani nya kou
ini yang saya maksud dengan kou yang menjadi ceria dan romantis


Masuk ke Strobe Edge, dengan rumah produksi yang sama dengan AHR. Kesan pertama lihat trailernya “lebih bagus dari AHR nih”. Ga ada anime, dari manga langsung ke live action. Tayangnya beberapa bulan setelah AHR tayang di bioskop.

-          Kinoshita Ninako         : Arimura Kasumi
-          Ichinose Ren                 : Fukushi Sota
-          Andou Takumi              : Yamada Yuki
-          Korenaga Mayuka       : Sato Arisa
-          Korenaga Daichi           : Irie Jingi
-          Sugimoto Mao              : Kuroshima Yuina
Cast nya lebih dikit dari AHR tapi ….. ada nilai lebih dalam movie ST ini dibanding AHR. Sebelum itu simak dulu gimana karakter mereka di manga.
Ninako adalah cewek riang yang ceria, tipe cewek biasa kebanyakan. Yang ga biasa dari ninako ketika udah di tolak cowok, dia masih mencari cari kesempatan buat dekat sama cowok itu walaupun hanya jadi teman, itu hanya kepuasan diri sendiri, sedikitpun ga ada niat buat merebut cowok orang lain.
Ren, cowok kalem dan keren dambaan cewek cewek di sekolahnya. Karna udah punya cewek (model pula) ren selalu menolak cewek yang nembak dia. Ren adalah lambang kesetiaan,hehe.  Dia ga banyak omong, perhatian dan baik. Karakter kayak gini sangat banyak di manga shoujo dan ga jarang karakter macam ini berakhir sedih karna heroine memilih karakter yang sifatnya berkebalikan dengannya. Tapi disini udah harga mati kalau ren mendapatkan happy ending.
Andou, awalnya andou adalah playboy, suka godain cewek. Tapi dia memperlihatkan keseriusannya saat menyukai ninako dengan berhenti menjadi playboy. Andou tipe yang riang dan baik.mungkin pantang menyerah juga.
Ninako mencintai ren, tapi ditolak ren karna suddah punya pacar. Walau ditolak, ninako berharap ren mau jadi temannya. Setelah itu datanglah andou yang lambat laun juga menyukai ninako. Tapi selalu ditolak ninako saat andou memintanya untuk pacaran. Cerita lanjutnya yang banyak spoiler lihat postingan saya terdahulu aja tentang manga ini.
Masuk ke movie. Jujur saya lebih menikmati movienya dibanding dengan manganya. Yang kurang dari movie ini adalah karakter ninako ga kelihatan sama dengan di manga. Ninako dimanga adalah gadis ceria, tapi itu ga Nampak di movie, ninako lebih sering kelihatan kalem dan dewasa, mirip ren. Ga masalah sih. Terus lagi lagi supporting chara ga begitu terekspos, udah biasa dalam adaptasi.
Dipost sebelumnya saya udah bilang suka manga ini karna kisah supporting chara nya. Sayangnya kisah itu ga terlalu dilihatin di movie, kayak awal mula pertemuan ren dan mayuka terus bagaimana hubungan mereka berkembang. Atau kisah sahabatnya si ninako, daichi yang akhirnya bahagia dengan sayuri.
Yang bikin kagum itu lebih banyak dari kurangnya :
-          Acting pemeran utama nya udah bagus
-          Pengkameraannya wow, terasa kali bedanya dari movie romance lain, menambah daya tarik menontonnya. Sayangnya saat pencahayaan kurang, muka si tokoh jadi gelap gitu, rada ga nyaman.
-          Sekolahnya bagus,hehe
-          Perubahan image ninako yang terkesan bitch di manga menjadi cewek kalem yang innocence. Jujur saya suka ninako yang di movie, kesannya lebih natural dari ninako di manga. Gimana ya, di movie ga ada adegan dimana ninako ingin selalu dekat dengan ren.
-          Ost nya saya suka
ninako di movie ga sekonyol di manga

tarian gaje ninako bareng daiki
ntah apa yang bikin dia senang di jam olahraga ampe jatuh dari tangga, ninako manga jauh lebih ceroboh,haha


Kesimpulan :

Kalau di manga saya lebih suka renxmayuka. Kalau di movie saya mendukung ninakoxren. Jika di Ao haru ride saya lebih menyukai manga nya, maka di Strobe edge saya lebih suka movie nya, semua itu berkat ninako yang menjadi alim di movie,hehe. Ao haru ride unggul di cerita manganya sedangkan strobe edge menang di scenario movie nya. 

bonus :
saat w series ini dipertemukan

heroine nya sama sama doyan makan, tapi saat kencan rakusnya ninako lebih romantis dari futaba.

mungkin juga pengen baca soal film-ao-haru-ride-strobe-edge-dan-heroine-shikkaku. silakan di check.

39 komentar:

  1. Halo, salam kenal >.< .
    Kebetulan waktu browsing nemu artikel ini jadi tertarik ikut komentar deh hehe.
    Banyak hal yang sepikiran gitu, kayak misal yang AHR lebih bagus manga nya daripada movie, gimana ya aq ngerasa hambar aja nonton movienya, tapi yg pas adegan masa SMP so sweet dan cute bgt, suka bgtlah. Kalo SE awalnya aku nggak suka soalnya di manga nya Ninako tuh kayak cewek kecentilan banget yang pengen ngerebut pacar orang, dan lebih suka kalau Ren sama Mayuka, tapi di movie nya ya masih mending lah,, jadi nggak sebel-sebel amat.
    Sekian, maaf numpang curcol panjang lebar ^.^

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga...
      ao haru ride jika aja digarap dengan memasukkan konflik kou yang pengen merebut futaba dari touma pasti bakal keren banget, sayangnya ga ada, padahal konflik terkeren itu. pas saya lihatin ahr ke teman, saya harus menjelaskan ini itu dulu baru si teman tadi paham sama alurnya. itu bukti kalau live actionnya bisa dinikmati dengan baik setelah baca manga nya. ^^

      Hapus
  2. kk yg gambar si futaba sama kou lagi makan bareng itu chapter berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2 gambar paling bawah ya? itu chapter spesial setelah ao haru ride tamat, emang cuma 2 gambar itu di chapter itu.

      Hapus
  3. Dua duanya udah ada di gramedia

    BalasHapus
  4. Nyesel nonton ini anime padahal pengen bgt mereka jadian hikz hikz anime romance yg bgus kasi saran dunk

    BalasHapus
  5. Ending nya ga jelas...1
    Apa mungkin ada season 2 ao haru ride

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kaya nya des 2018

      Hapus
    2. Dear friends, please sign in to fill the petition @sakisaka10 for Ao haru ride season 2 https://www.change.org/p/io-sakisaka-ao-haru-ride-season-2

      Hapus
  6. Coba aja au haru ride yg anime ada season 2 nya.. Pasti lebih menarik...

    BalasHapus
  7. Jadi kapan ada season 2 , gak bisa mup on Dr Ao Haru ride soalnya bagus banget ceritanya....
    Gw jg Baru nonton tahun Ini Ao Haru ride padahal udh lama Ya (。ŏ_ŏ)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gw jg bru nonton nih di iflix. Tp gantung gtu ceritanya, gw kira ending nya bisa pacaran sama kou.. Trs yg cwok di perpus blm ada lanjutan nya.. Gw kira udah ada season 2 nya wkwkwk
      Oya mau tau donk link buat nonton anime

      Hapus
    2. Gw biasa nonton di aplikasi

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Gw jg bru nonton nih di iflix. Tp gantung gtu ceritanya, gw kira ending nya bisa pacaran sama kou.. Trs yg cwok di perpus blm ada lanjutan nya.. Gw kira udah ada season 2 nya wkwkwk
      Oya mau tau donk link buat nonton anime

      Hapus
    5. Dear friends, please sign in to fill the petition @sakisaka10 for Ao haru ride season 2 https://www.change.org/p/io-sakisaka-ao-haru-ride-season-2

      Hapus
  8. gantung ahr nya'-' sedi dd qq huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear friends, please sign in to fill the petition @sakisaka10 for Ao haru ride season 2 https://www.change.org/p/io-sakisaka-ao-haru-ride-season-2

      Hapus
  9. Intinya ahr kou sama futaba gak? Udh ship mereka sih kalau ada pihak ketiga lagi jdi gmna gtuu 😭😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear friends, please sign in to fill the petition @sakisaka10 for Ao haru ride season 2 https://www.change.org/p/io-sakisaka-ao-haru-ride-season-2

      Hapus
  10. Serius season 2 AHR desember 2018?

    BalasHapus
  11. Serius season 2 AHR desember 2018?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear friends, please sign in to fill the petition @sakisaka10 for Ao haru ride season 2 https://www.change.org/p/io-sakisaka-ao-haru-ride-season-2

      Hapus
  12. bakal ada anime s2 gk ya AHR.. aku udh nunggu terus.. sampe nekat baca manga nya hoho

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear friends, please sign in to fill the petition @sakisaka10 for Ao haru ride season 2 https://www.change.org/p/io-sakisaka-ao-haru-ride-season-2

      Hapus
  13. Kapan ni season 2 keluar cerita gantung bgt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear friends, please sign in to fill the petition @sakisaka10 for Ao haru ride season 2 https://www.change.org/p/io-sakisaka-ao-haru-ride-season-2

      Hapus
  14. ada yang tau season 2 nya kapan rilis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear friends, please sign in to fill the petition @sakisaka10 for Ao haru ride season 2 https://www.change.org/p/io-sakisaka-ao-haru-ride-season-2

      Hapus
  15. Dear friends, please sign in to fill the petition @sakisaka10 for Ao haru ride season 2 https://www.change.org/p/io-sakisaka-ao-haru-ride-season-2

    BalasHapus
  16. to watch movies for free. I use MovieBox Pro application. This is the best application to watch movies and download movies for free.

    BalasHapus
  17. Aku baru nonton au haru ride dan ceritanya ngegantung plis deeeh kapan season 2 nya sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama saya juga baru hari ini selesain nonton sampe tamatnya, gantung banget bikin kepikiran wkwk

      Hapus
    2. Liat manga nya aja bro kalo penasaran, aku juga gitu dan puas banget sama endingnya

      Hapus
  18. Kak ao haru ride season 2 nya kapan liris,,tolong jawab kak

    BalasHapus

saya akan lebih senang jika kamu menyematkan nama kamu di kolom komentar, menurut saya "anonim" bukanlah sebuah nama.