Kamis, 05 November 2015

[SEIYUU] Taneda Risa, heroine identik dengan kata "senpai" dan twintail, actingnya bagus loh

perkenalkan, taneda risa san yang namanya mulai diperbincangkan khalayak karna peran yang dibawakannya. saya sendiri menyukai perannya sebagai miyazono kaori, dan kaget karna mengetahui kuriyama mirai juga di seiyuu kan olehnya, padahal suara kuriyama san itu imut banget, ga kayak suara kaori. tapi lambat laun suara mirai mulai kekurangan keimutannya dan mendekati suaranya kaori.

Given name: 梨沙
Family name: 種田
Birthday: Jul 12, 1988
Hometown: Tokyo, Japan

Peran utama pertamanya sebagai seiyuu adalah Saki di "from the new world", ia memainkan karakter di tiga usia yang berbeda : 12 , 14 , dan 26. Dia lahir 12 Juli 1988, dan dari Tokyo . Dia rupanya ingin menjadi seiyuu dari usia dini , tapi dilarang untuk bekerja di dunia hiburan selama SMA dan kuliah.

Pergerakan pertama ke dalam bisnis ini di acara radio Tomokazu dan Miki Big Bang , di 2007-8 . Host Seki Tomokazu dan Nagasawa Miki mengundang calon seiyuus menjadi " asisten " di acara mereka . Tane - chan ada di sana pada waktu yang sama seperti Mikami Shiori .Sejak saat itu sampai tahun 2012 , tidak ada yang mendengar namanya . Kemudian dia mendapat perannya di anime "from the new world" dari sanalah namanya mulai dikenal walau belum mencuat.

Dia dibawah naungan Osawa agency yang merupakan salah satu agency yang terkenal, yang juga mewakili Hanazawa Kana, Noto Mamiko, Kawasumi Ayako, Iguchi Yuki, Itou Miki, Watanabe Akeno, Kiuchi Hidenobu, Hayami Shou, Nakata Jouji , dll. agency nya ini memiliki reputasi sebagai agency yang tenang dan juga untuk bisa mendapatkan peran yang baik dan memperlakukan orang dengan baik .

Ada kabar yang mengatakan bahwa dia kuliah di sebuah perguruan tinggi seni atau universitas selama dia masih memiliki bisnis pertunjukan , dan kemampuan dia yang lain adalah ia dapat menggambar dengan baik. Komentar di situs Jepang menyebutnya seiyuu yang didasarkan pada kemampuan sendiri . Karena ia adalah kemampuan itu sendiri , seiyuu yang tidak dimulai pada usia muda, orang orang membandingkan dia dengan Kayano Ai, walau saya sendiri g yakin ada persamaan antara mereka dengan nada suara yang beda pula. (kayano ai itu yang jadi menma di anohana, secara nasib di anime mungkin sama, sama sama mati, hiks)

Beberapa komentar menyatakan bahwa karna suaranya tidak kuat secara individu , dia akan berakhir sebagai suporting chara yang berguna dengan banyak peran, bukan sebagai heroine utama. mungkin maksudnya disini dia akan banyak menjadi supporting chara, tapi hal itu udah bisa di tampik sekarang karna taneda risa memiliki banyak roles dimana ia bermain sebagai karakter utama, sebut aja kayak mirai, kaori dan erina, bukankah ke tiga karakter itu merupakan karakter yang memiliki fans yang banyak dam karakter yang kuat. dia juga menunjukkan kalau suaranya mampu untuk memerankan peran apa saja, jadi cowok, loli, anak anak, imut, tsundere, kuudere, dan banyak lagi. TAPI, kalau nyanyi suaranya udah ga bisa berubah lagi.

tanechan mungkin punya suara yang bisa digolongkan pada level hampir biasa, kurang ciri khas, itu kali ya makanya orang meramalkan kalau dia akan banyak mendapatkan peran sebagai supporting chara ketimbang heroine, tapi di satu sisi dia adalah seiyuu yang memiliki kemampuan acting yang mumpuni sehingga dia bisa mendongkrak kekurangan suara biasanya itu dengan kelebihan kemampuan actingnya yang saya anggap sangat bagus. actingnya penuh emosi dan feel nya dapat. mungkin karna itulah terhitung dari 2013 kemaren ampe sekarang tanechan kebanjiran job sebagai seiyuu.

pernah dapat keadaan dimana seorang seiyuu hanya bertahan di sedikit judul anime dengan dia sebagai peran utama? saya banyak nampak, apalagi di genre slice of life. karena saya lihat banyak heroine utama di anime kayak gitu yang karakternya lemah dan g bisa menggali potensi si seiyuu. akhirnya sang seiyuu sepi job atau malah berikutnya cuma kebagian supporting chara. ini jelas terjadi karna kemampuan acting seiyuu itu belum mumpuni jika diajak ke anime yang sedikit memainkan emosi kayak genre drama, fantacy atau action. untungnya tanechan cukup bisa menangani berbagai acting, mulai yang imut, tegas, chearfull, dojikko, mellow, genit, cool, semua bisa di tangani dengan range suaranya yan memang lebar. ke depan saya harap tanechan mampu mempertahankan diri di dunia seiyuu yang saya rasa cukup kejam dalam mengeliminasi para pemain didalamnya, hehe. serius, rata rata saya lihat seiyuu tenar pada 3 - 5 tahun lalu mulai meredup dan berakhir dengan hanya sebagai supporting chara sebelum akhirnya menghilang atau ganti profesi.

berikut roles nya di berbagai anime. saya sih lebih suka waktu perannya sebagai kaori, kuriyama mirai dan nakiri erina.

2012
2013
2014
2015
2016

mungkin suara kurang ciri khas, tapi seperti yang sudah saya bilang acting nya mendompleng kekurangannya, makanya dia bisa tenar se tahun setelah dia debut. taneda risa debut tahun 2012 kan, tapi g butuh waktu lama baginya merebut hati sutradara dan merekrutnya mengisi peran utama. sebut saja 3 peran besarnya di 2013 adalah kuriyama mirai dan himeragi yukina. sekilas penampilan mungkin beda. tapi ada kesamaan sebenarnya diantara dua main chara ini. mereka berdua adalah chara "kohai" yang berdampingan dengan hero yang lebih tua dari mereka a.k.a "sempai". jadi kemana mana kata "sempai" selalu melekat dalam dialog ampe telinga kadang mulai jenuh dan jengkel mendengarnya. yang paling parah itu yukina dengan "iie sempai" nya. sedangkan kata pamungkas dari mirai sebenarnya "fuyukai desu", tapi mirai sering banget manggil manggil sempai.

chara terkenal lainnya di 2013 itu adalah komachi aya di kinmoza. g jengkelin kayak 2 karakter sebelumnya sih, tapi yang satu ini terkesan agak dewasa walau sedikit pemalu dan sepertinya juga agak tsundere. 2014, dapat karakter yang perawakannya kayak aya lagi, yaitu tedeza rize. mirip aya, tapi personalitinya agak beda, samanya cuma di twintail dan agak sedikit dewasa. hal yang g dimiliki aya tapi dimiliki rize adalah 1. oppai, hehe, 2. rize lebih berani dan tegas, 3. rize punya segalanya karna dia anak orang kaya, 4. hobby, 5. daripada menyukai, rize karakter yang disukai. itu aja kali ya.
rize dan aya
crossover
ada lagi satu karakter yang diperankan tanechan yang juga twintail, dari anime cancoll, suzukaze. coba kurumi di gakko gurashi yang seiyuu in taneda risa, hehe. itu makanya sekarang taneda risa bagi saya identik dengan karakter twintail dan kohai yang suka manggil manggil "sempai"
suzukaze

aya, kurumi dan rize
hoho, kiniro x gochiusa
tebak siapa?
g sengaja tadi ketemu chara twintail lainnya yang diperanin taneda shi

barang kali juga pengenn baca ini tane-chan dan ayaneru, saya tulis karna ntah kenapa saya merasa kalau taneda shi sama ayane chan ini makin sering main di peran di anime yang sama. saya juga baru selesai translet 50 pertanyaan untuk taneda risa.

bonus pic yang diambil dari google, hehe
kenalnya cuma tanechan, wachi dan hanae, yang dibelakang g tau siapa
ini bareng seiyuu lain di kyokai no kanata
dari kiri ke kanan ada uchida maya, hikasa yoko, ayane sakura dan taneda risa (di even nya dxd)



sumber :
gambar dari google
http://myanimelist.net/people/16135/Risa_Taneda
https://en.wikipedia.org/wiki/Risa_Taneda
hashihime.blogspot.com/2013/10/taneda-risa-good-actress-and-good-singer.html

1 komentar:

  1. moga2 cepat sembuh Tanechan
    udah lama nggak denger suaranya

    BalasHapus

saya akan lebih senang jika kamu menyematkan nama kamu di kolom komentar, menurut saya "anonim" bukanlah sebuah nama.