Minggu, 10 Januari 2016

[OST] BGM Anime dengan Lantunan Piano yang Indah (+ Koleksi BGM Saya)

Ngomongin soal BGM, emang salah satu nyawanya anime. BGM itu background music, semacam music pendamping saat sebuah adegan berlangsung. Saya bahkan pernah hanya karna bgm yang bagus jadi bela belain nonton anime nya, hal kayak gini kejadian saat saya nonton episode 1 free, aslinya saya g terlalu tertarik dengan anime yang banyak cowoknya macam Free ini, tapi yah karna itu, bgm di episode 1 nya itu bagus. Bgm yang bags juga akan lebih menghidupkan adegan, pemilihan yang tepat akan bikin cerita menjadi tambah perfect dan serta apa yang ingin disampaikan oleh pembuat anime tersampaikan kepada penonton, kita juga akan dibawa hanyut dalam cerita kalau bgm yang dibikin itu bagus dan pas dengan suasana adegannya. Selama saya nonton anime saya paling suka bgm dengan lantunan piano, atau gitar akustik, hehe. Itu lebih memberi kesan damai gimana gitu.
Anime pertama yang bikin saya tertarik dengan bgm anime dan mengoleksinya adalah K-on! Anime ini punya BGM yang lucu lucu dan emang pas buat anime fun macam K-on! Dari sini lalu saya mulai suka dengan bgm dan beberapa judul anime saya koleksi bgm albumnya.
Postingan kali ini saya akan bagiin bgm bgm dari anime yang bakal bikin kamu terhanyut dengan lantunan pianonya (selera saya banget ini)
1.       Spirit Away
Ga hanya terkenal karna anime ini merupakan masterpiece dari garapan Ghibli, karna berhasil mendapatkan oskar yang digelar di negeri paman sam, cerita dari spirit away ini tergolong unik pula, selain itu juga memiliki contain music yang indah. OST / BGM ini digarap oleh Joe Hisaishi, seorang musisi top yang merupakan diretur musical pula. Music piano di anime ini memberikan kesan dari rutinitas ampe yang heart warming.  
2.       Byousoku 5 centimeter
Ada beberapa anime yang benar benar memasukkan unsur kesedihan dalam anime nya seperti anime ini. tapi rasanya ga ada yang bisa memencabik cabik dari bgm nya byousoku 5 centimeter ini. rata rata bgm nya emang diiringi piano yang menyiratkan kepedihan, kerinduan, dll.
3.       Nodame cantabile
Banyak sekali seliweran music klasik dalam pemutaran anime ini. rasanya inilah anime yang menampilkan music klasik terbanyak.
4.       Sword art online
SAO merefleksikan perasaan kita saat menontonnya. Terpancar dari not not At Our Parting, suara pianonya membawa kamu pada kesedihan dari perpisahan.
5.       Howl no ugoku shiro
6.       Bokura ga ita
Anime ini penuh dengan feels. Jadi tentu aja bgm nya akan mengikuti feels di animenya.
7.       Nagi no asakura
Anime ini juga membagikan kepada ita lantunan bgm yang indah. Semuanya menyentuh ita dengan lembut dan menyenangan, tapi pada suatu sisi juga merupakan not yang melankolis. Untuk track Cry for the moon, itu benar benar menguras emosi.
8.       Omoide no marnie
Di komposisi kan dengan indah oleh Takatsugu Muramatsu. Kebanyakan dari track nya menggambarkan perasaan kesepian dari karakternya. Ex : its not a dream
9.       Shigatsu wa kimi no uso
Jika kamu nyari bgm yang ringan dan fun, kamu temuin disini. Bgm nya rata rata diisi oleh piano dan biola, ada juga gitar akustik.
Ini merupakan versi my anime list. Tentunya kalau versi saya akan berbeda. Beberapa yang saya suka dan masuk koleksi saya, berikut pendapat saya tentang bgm yang saya koleksi ini
1.       Byousoku 5 centimeter
Kebanyakan dari bgm nya melambangkan kesedihan, kesepian dan kerinduan. Saat mendengarkan bgm nya saya jadi larut dalam perasaan kesepian,hehe. Track yang paling  bikin saya terenyuh adalah “Omoide wa Tooku no Hibi”, bgm nya merupakan karya musisi yang disebut TENMON. Paling parahnya bgm ini bisa membawa saya kembali ingat first love, huah huah huah.
2.       Free
Seperti yang saya bilang di atas, saya suka bgm nya. Istilahnya, dari bgm jatuh ke anime, hehe. Track yang saya suka itu “Taste the satisfaction” memberikan kesan yang enerjik, sedangkan “Rhythm of port town” memberikan kesan yang menyegarkan.
3.       K-On!
k-on memberikan kesan yang fun di animenya, kesan dan suasanya nya pas. Track macam “Ii Yumemite ne” memberikan kesan lullaby, enak buat nemenin tidur, hehe. Hyokkaku hajime adalah musisi yang bertanggungjawab atas music music yang lucu ini
4.       Lucky star
Lucky star juga punya bgm yang lucu dan fun sama halnya kayak k-on. Karna terdengar enak di dengar saya akhirnya mendownload beberapa bgm nya. Saya suka track “fun-fun-fun-dayo-lucky-star” disini. Yang mengkomposisi nya Kyousaki Satoru.
5.       Mahou shoujo madoka magika
Ini salah satu bgm yang bikin jleb. Kebanyakn diisi dengan assamble dan orchestra. Di komposisi oleh kajiura yuki yang udah terkenal dengan music kelamnya, hehe. Banyak track yang saya suka dari bgm ini seperti “Sis puella magica!” tapi dengan versi tanpa vocal, di bgm ini ada vocalnya yang ntah nyanyi pake bahasa apa (saya g tau), yang pasti bukan bahasa jepang bukan inggris apalagi Indonesia. Track ini benar benar bikin despair. “Decretum” juga memberikan kesan kepedihan. “another episode” , “take your hand”, dan terakhit “not yet”. Ntah kenapa nada yang biin despair yang saya sukai dari bgm nya madomagi ini.
6.       Non non biyori
Bisa dikatakan bahwa bgm nya non non biyori ini damai banget, heart warming banget. kesan desa dan anak desanya keluar dengan sangat menakjubkan. Saya juga bnyak track favorit disini semisal “hidamari-do”, “obento”, “mataashita”, “yuttari yukkuri”, dan “renge hata”. Kesemua trac yang saya sebut benar benar membuat saya berasa di desa dan pengen tinggal di desa, hehe. Btw, musisi di balik bgm epic ini adalah Mizutani Hiromi.
7.       Nodame cantabile
Saya lebih suka dengar music klasik yang seliweran disini sih. Paling suka dengar Mozart dan beethoveen nya, hehe.
8.       Nisekoi
Ada salah satu bgm yang saya suka di nisekoi ini, tapi saying pas saya coba download albumnya saya g nemu music yang saya maksud. Music itu diiringi piano dan terkesan romantic, sampai sekarang belum nemu judul bgm nya.
9.       Shigatsu wa kimi no uso
Kamu bisa mendengarkan berbagai emosi dari bgm nya shigatsu. Mulai dari tema sekolahan bersama sahabat, masa muda, semangat, kesedihan, ampe despair. Kamu bakal temukan paket complete disini. Track yang paling saya suka itu “Yuujin A-kun wo Watashi no Bansousha ni Ninmeishimasu”, menggambarkan tekad dan proses menumbuhkan semangat. Track ini mungkin paling sering diputar, pertama kali diputar di episode 3. “Yuuguredoki no Gekou” kalau denger track ini rasanya damai banget, serasa kembali muda, hehe. “Kouiu Kimochi wo Nante Itta kana” denger ini saya jadi tertegun sendiri, larut dengan masa lalu jadinya. Kalau disebut satu satu bisa panjang ini. intinya bisa dikatakan saya hampir suka seluruh bgm nya. Ini bgm yang sempurna yang di bikin oleh Masaru Yokoyama.
10.   To aru kagaku no railgun
G ada yang istimewa sih, tapi ada satu bgm yang saya suka dang a tau judulnya apa makanya saya download albumnya buat nyari tau. Tapi saya ga nemu juga bgm nya, hehe.


1 komentar:

  1. setuju ane gan, gintama jga bnyak yg bagus bgm-nya gan cek aja

    BalasHapus

saya akan lebih senang jika kamu menyematkan nama kamu di kolom komentar, menurut saya "anonim" bukanlah sebuah nama.